Postingan Populer

Kembangkan Bisnis Fashion Lokal dengan Tips Berikut Ini

Indonesia kini termasuk dalam jajaran negara dengan potensi pasar yang menguntungkan di dunia. Indonesia juga menjadi salah satu pasar yang memiliki permintaan terbesar dari sisi industri fashion.


Untuk itu, bagi Anda para desainer lokal tak perlu ragu untuk terus berkarya dan mengembangkan bisnis seluas-luasnya. Seperti yang diungkapkan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Gusmardi Bustami yang ditemui saat workshop ‘Ready to Wear Success Strategy: Real World Tips’, Rabu(19/09/2012).


“Kami berharap desainer Indonesia tidak hanya mampu menciptakan desain unik dan berkualitas tinggi, namun dari sisi pemasaran juga mampu menyerap kebutuhan pasar baik dalam maupun luar negeri,” jelas Bustami saat workshop di Aula Kementerian Perdagangan.


Namun hanya memiliki ide kreatif ternyata belum cukup menjadi modal desainer lokal mengembangkan sayap ke dunia internasional. Para pelaku dunia fashion ternama Indonesia, memberikan beberapa saran bagi desainer lokal yang ingin mengembangkan produknya.


Taruna Kusmayadi, ketua dari APPMI yang ditemui saat workshop yang sama mengatakan, desainer muda perlu memahami pasar yang ingin dijamahnya dan masuk dalam asosiasi fashion, “kebanyakan desainer muda maunya langsung buka brand sendiri padahal belum tahu pasar, dan itu akan jadi jatuh bangun bisnisnya.”


Ketika sudah tahu pasar yang ingin dicapai, Anda juga harus memanfaatkan modal lainnya. Salah satunya adalah memanfaatkan peran Bank sebagai modal awal untuk mengembangkan produk-produk karya desainer lokal.


Pendapat lainnya dari Raiki Pasya, pemilik brand Hunting Field juga menambahkan, desainer lokal juga harus berteman dengan media. “Berteman dengan media, kita bisa barter promosi, bisa memperbanyak link, dan tentunya sangat berguna ditengah persaingan banyaknya desainer muda yang masuk sekarang ini,” jelasnya.


Jika Anda telah memiliki kualitas dan kuantitas produk yang cukup memadai, tidak ada salahnya ikut masuk dalam bisnis retail besar. Dengan demikian, karya fashion Anda dapat dinikmati segala kalangan bahkan menjangkau konsumen internasional, tambah Christian Kurnia, Director of Merchandising & Marketing Matahari Departement Store.


Diluar semua itu, sikap dan kepribadian juga mempengaruhi kesuksesan desainer lokal. Menurut Anne Avantie, para desainer muda juga perlu menanamkan budi pekerti dalam dirinya sehingga konsumen pun akan semakin loyal pada karya-karyanya.


 


 


 


 


Sumber : detik.com


Sumber gambar : infobandung.co.id

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berikut / Bisnis / dengan / fashion / Kembangkan / Lokal / STRATEGI BISNIS / Tips dengan judul Kembangkan Bisnis Fashion Lokal dengan Tips Berikut Ini. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://berita-ku.blogspot.com/2012/12/kembangkan-bisnis-fashion-lokal-dengan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Rumput Liar - Kamis, 20 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Kembangkan Bisnis Fashion Lokal dengan Tips Berikut Ini"

Posting Komentar