Postingan Populer

Dea Ariyanti Ingin Go Internasional melalui Brand Supernova House

Supernova HouseMuda, kreatif dan inovatif. Itulah kesan dari seorang Dea Ariyanti saat berbincang dengan Bisnis belum lama ini. Enterpreneur muda itu memiliki impian ingin membangun usaha pakaian rajut berkelas internasional.


Pada 2010, Dea bukanlah siapa-siapa. Ia hanya seorang gadis yang baru menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas di Bandung. Akan tetpai,  sang ayah sudah lama berkecimpung di bisnis rajut puluhan tahun silam.


Merasa dirinya terketuk untuk mengembangkan usaha ayahnya, wanita kelahiran Bandung tahun 1990-an itu pun mulai berpikir untuk membantu usaha keluarga itu. Sejak itulah Dea memfokuskan dirinya untuk konsentrasi di usaha rajut. “Pada mulanya saya hanya membantu ayah dengan memasarkan produk rajutnya ke teman-teman terdekat,” katanya.


Akan tetapi, ia pun berpikir keras usaha rajut yang dilakoni sang ayah yang sudah puluhan tahun silam itu tidak berkembang dan hanya menghasilkan produk standar yang tidak memiliki daya saing tinggi.


Wanita berkaca mata itu pun terus memutar otak untuk mencari ide dan gagasan kreatif agar produk yang dihasilkan bisa menjual dan unik. Dea mulai mengikuti seminar dan pameran yang kerap dilaksanakan di Kota Kembang itu.


Beruntung, dari hasil seminar dan sejumlah pameran, Dea bisa menangkap peluang dan ide cerdas begaimana membangun bisnis yang menjanjikan. Terlebih, tren fesyen busana muslim saat ini tengah digandrungi para wanita di Indonesia, khususnya di Bandung.


“Saya orangnya rajin mengikuti seminar, pelatihan dan pameran. Di situlah saya bisa mendapatkan ide dari para pengusaha yang ada,” katanya.


Setelah terjun pertama kalinya di rajut, Dea masih meraba-raba usaha yang dilakoni ayahnya. Dia belum berani menjalankan usahanya sendiri. Sambil berjalan, ia terus membantu memasarkan produk rajut ayahnya seperti sweater, kardigan, dan pakaian rajut lainnya.


Menginjak 2011, orderan rajut pun terus meningkat. Di situlah wanita yang baru sebulan menikah itu kepikiran memiliki brand sendiri. Kemampuan merajutna pun secara otodidak sudah dikuasai seiring berjalannya waktu.


“Saya itu berpikir bahwa rajut hanyalah sebuah teknik saja. Di luar itu saya merasa ada sesuatu yang bisa digali dan mampu menghasilkan produk unik dan berbeda,” ujarnya.


Dea kemudian memilih brand dengan nama Supernova House. Menurutnya, pengambilan nama tersebut terdengar simple dan mudah diingat orang. Supernova House yang beralamat di Jl. Santosa Asih V Blok N2 29 Bandung itu memiliki 10 jenis produk unggulan yang dijualnya a.l bat cardigan, batflo blouse, vemos blast, dynmous lovely, inovest, vest nicemoty, vemos flower, vemos lasto, lonice cardigan dan inonly inner.


Rata-rata produk Supernovahouse dijual dengan harga yang mudah dijangkau. Bat cardigan misalnya dijual seharga Rp 85.000 atau inonly inner dengan harga Rp 125.000. “Memang, saya menjual produk rata rata Rp 85.000-Rp 125.000 katanya.


Menurut wanita lulusan SMK 13 Bandung jurusan Analis Kimia itu, bisnis rajutnya dengan mengusung nama Supernova House memang baru seumur jagung. Tetapi, dia memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menawarkan produk yang berkualitas.


Sejak menggarap bisnis rajut di bawah bendera Supernova House, pangsa pasar pakaian muslim rajut yang dikelola Dea lebih mengutamakan boutique ternama seperti InaScarf, Up2Date, Laverne dan butique lainnya yang sudah memiliki nama besar.


Namun, bukanlah sebuah usaha jika Dea tidak merasakan pengalaman jatuh bangun dalam berbisnis. Dia menuturkan suatu hari dirinya mesti gigit jari saat sejumlah pesanan yang ternyata direject oleh sang pelanggan. Dia pun harus rela bersabar menerima kenyataan.


“Kalau suka dukanya dalam usaha memang ada. Tetapi, saya jadikan pengalaman tersebut sebagai cambuk agar saya lebih terus belajar lagi,” katanya.


Keunikan pakaian muslim rajut Supernova House dengan mengusung tema eccentric knitting, lebih menonjolkan pakaian multifungsi seperti pada jenis vemos blast yang bisa dibuat menjadi kerudung, rompi, cape dan cardigan.


Pada jenis produk lain misalnya dynmous lovely yang bisa dipakai untuk hoodie atau bisa digunakan sebagai baju model one shoulder. Dea menambahkan jenis lain dari Supernova House seperti pada jenis batflo blouse misalnya, juga bisa dikenakan pelanggan sebagai blus biasa, bisa juga dikenakan menjadi pakaian dengan motif sayap kelelawar.


“Intinya kami ingin produk yang kami jual bisa berfungsi banyak. Pelanggan tidak hanya memakainya sebagai pakaian saja, tapi bisa digunakan sekreatif mungkin,” katanya. Dea mengungkapkan dirinya tidak ingin terbawa pasar dengan memproduksi masal. Justru sebagai daya tawar tinggi yang ditonjolkan, Supernova House memproduksi pakaian rajut muslim secara terbatas dari masing-masing jenisnya.


Menurutnya, maksimal produksi rata-rata dari setiap jenis berkisar antara 100 pcs. Setiap bulannya, Supernova House memasok ratusan hingga ribuan berbagai jenis ke setiap boutique berkelas tinggi.


Dea mengaku dirinya ingin membuat pelanggan tidak merasa kecewa dengan produk yang ditawarkannya. Dirinya mengklaim hingga saat ini beberapa boutique besar langganannya belum ada yang complain. “Justru kebanyakan para pelanggan merasa puas,” ungkapnya.


Seiring waktu berjalan, usaha Dea dalam mengembangankan bisnisnya itu semakin pesat. Dia terus berusaha melebarkan sayapnya dengan menggaet seorang temannya Puspa Silvia untuk dijadikan sebagai marketing. Berbagai ide cerdas pun bermunculan. Perlahan, Supernova House mulai dikenal di pasar luas.


 


 


 


 


 


 


Sumber berita: bisnis-jabar.com dan redaksi


Sumber gambar: bisnis-jabar.com

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ariyanti / BERITA BISNIS / Brand / HOUSE / Ingin / Internasional / melalui / Supernova dengan judul Dea Ariyanti Ingin Go Internasional melalui Brand Supernova House. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://berita-ku.blogspot.com/2012/12/dea-ariyanti-ingin-go-internasional.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Rumput Liar - Kamis, 20 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Dea Ariyanti Ingin Go Internasional melalui Brand Supernova House"

Posting Komentar