Postingan Populer

Nyaman di Rumah Fungsional

 






Rumah, selain sebagai tempat tinggal juga memiliki fungsi beragam. Salah satunya, dapat dijadikan sebagai tempat usaha.





Banyak faktor yang bisa dijadikan pertimbangan mengapa saat ini banyak sekali orang yang menggunakan rumah sebagai bagian dari aktifitas tempat usahanya ataupun kantor.

Salah satu faktornya adalah kemacetan, yang membuat perjalanan menuju kantor yang memakan waktu lama. Selain itu juga faktor keamanan, kenyamanan, dan mulai banyak orang ingin mempunyai usaha sendiri. Bagi seorang ibu rumah tangga, mempunyai usaha sendiri di rumah tentu akan menambah nilai plus, karena sekaligus bisa mengurus anak dan rumah tangga.

Untuk menjadikan rumah plus sebagai tempat usaha ini, tampaknya semua faktor akan mempengaruhi ketika membuat konsep hunian fungsional dan multifungsi. Selain sebagai tempat tinggal, rumah ini juga mempunyai area yang khusus digunakan sebagai kantor bagi sang kepala rumah tangga dan tempat usaha yang digeluti sang istri. Namun, semuanya tidak mengesampingkan kenyamanan rumah sebagai hunian bagi sebuah keluarga.



Pada rumah yang memiliki lahan seluas 750 m2 ini, tentunya akan lebih mudah menzoning lahan menjadi rumah fungsional yang bisa mencangkup kantor dan tempat usaha. Akan tetapi, rumah ini sebenarnya mempunyai bentuk lahan yang cukup sulit yaitu berbentuk seperti huruf T. Tentu saja, perlu pemikiran matang dalam me-layout lahan yang ada.




Rumah ini juga dilengkapi dua pintu utama, di mana keduanya mempunyai fungsi yang berbeda. Pintu yang pertama dibuat menyerupai gate atau gerbang, yang bagian atasnya dapat berfungsi sebagai ruangan, yang kemudian dialih fungsikan menjadi kantor.

Setelah memasuki gate berupa kantor ini, terdapat taman yang cukup besar, sebagai bentuk peralihan dari kantor menuju rumah. Selain itu, di sisi kiri terdapat selasar terbuka dan terdapat kolam ikan koi.



Setelah memasuki rumah, akan terlihat kesan klasik yang cukup dominan dalam keseluruhan desain rumah ini. Pemakaian wallpaper dan furniture bergaya klasik dipadukan dengan elemen-elemen etnik. Pada bagian belakang rumah terdapat meja makan keluarga yang ditempatkan di teras terbuka, sehingga pandangan menjadi lebih bebas ke arah halaman dan gazebo.




Di bagian belakang juga terdapat ruang peralihan menuju ke area lobby ruang usaha salon kecantikan dan kebugaran. Ruangan ini dimanfaatkan dengan amat baik, sehingga dapat dipakai sebagai ruang tunggu para tamu selanjutnya yang akan melakukan treatment di tempat ini.

Sedangkan pintu utama yang kedua, berada di bagian belakang rumah dan berfungsi sebagai pintu masuk ke tempat usaha tadi (salon kecantikan dan kebugaran). Ruang ini tepatnya berada di belakang rumah dan berada pada akses jalan yang berbeda dengan pintu atau gerbang utama menuju rumah. Menyatu dalam rumah, namun tak sampai menganggu kenyamanan seisi rumah dengan para tamu yang datang.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori EKSTERIOR / Fungsional / Nyaman / Rumah dengan judul Nyaman di Rumah Fungsional. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://berita-ku.blogspot.com/2012/04/nyaman-di-rumah-fungsional.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Rumput Liar - Minggu, 22 April 2012

Belum ada komentar untuk "Nyaman di Rumah Fungsional"

Posting Komentar