Postingan Populer

Kaos Unik Aleitheia, Kaos Khusus Untuk Anak Muda Intelek

Aleitheia kaosBerawal dari kecintaanya terhadap filsafat dan gemar membaca tokoh-tokoh filsuf dunia, Farid Yusuf memulai keisengannya dengan membuat kaos bergambar tokoh pemikir dunia.


Pada 2010, Farid mencoba berbisnis kaos di bawah bendera Aleitheia yang digunakannya sebagai merek clothing yang digarapnya. Aleitheia merupakan sebuah istilah dari Yunani yang berarti ‘Dewi Kebenaran’.


“Saya mengambil istiliah itu dari salah satu tokoh filsuf, Martin Heidegger. Saya kira maknanya cukup unik dan mengandung arti yang dalam sebagai penyampai kejujuran. Maka saya jadikan saja sebagai merek dalam bisnis ini,” katanya.


Farid berkeyakinan bisnis clothing di Bandung sangat bersaing dengan brand besar ternama lainnya. Namun ia memutar otak untuk mencari celah yang belum digarap banyak orang.


Menurutnya, dengan memiliki ciri khas desain para tokoh filsuf dunia, saingannya sangat minim. Tercetuslah desain khusus filsuf yang menjadi ciri khasnya.


Sejak mengelola Aleitheia, pria berkacamata itu mengaku terjun di dunia bisnis kaos itu berawal dari rasa kangen saat masa kuliahnya terdahulu. Dia pada waktu itu sering dijadikan sebagai desainer pembuat kaos di kelas.


Pria yang menyelesaikan pendidikan di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung 2007 itu sadar betul ketika dorongan kuat datang dari orang-orang terdekatnya. Mereka mendukung untuk terjun secara serius menggeluti bisnis kaos tokoh-tokoh dunia.


“Mulanya saya hanya bikin kaos untuk beberapa teman saja, tapi rupanya ada respon dari teman-teman lain, tak terkecuali dorongan beberapa sahabat, akademisi dan budayawan semacam Ahmad Gibson Al-Busthami dan lain-lain,” katanya.


Produk pertama kali dikeluarkan oleh Aleitheia yaitu kaos bergambar tokoh Islam Abdul Qadir Jailani dan filsuf eksistensialis Sartre. Pesanan pun datang dari sejumlah mahasiswa pecinta buku dan filsafat.


Dalam mengelola usahanya Farid mengajak empat orang sahabat, yaitu Pedi, Apuy, Badie dan Husen. Pria yang baru menikah itu mengembangkan bisnisnya melalui jaringan online dan door to door. Menurutnya, Fenomena tersebut unik karena berusaha menggeser pasar lifestyle anak muda pada umumnya.


Selama ini kaos Aleitheia memiliki karakteristik tersendiri dengan produksi yang terbatas. Dalam setiap bulannya Aleitheia mengeluarkan desain minimal sebanyak desain lima tokoh yang tak lebih dari dua lusin per desainnya.


Sementara, sistem penjualan yang dilakukan sementara ini masih sebatas memanfaatkan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog juga via Blackberry Meseenger. Terkadang Aleitheia membuat katalog khusus yang diselingi buletin bacaan tentang sastra dan tulisan filsafat.


“Sistem penjualan ini kami lakukan karena dirasa sangat membantu dalam menekan harga, selain itu kami rasa dengan cara tersebut produk kami berkesan ekslusif,” ujarnya.


Harga kaos Aleitheia terjangkau oleh semua kalangan padahal bahan yang digunakan sama dengan brand clothing besar dan ternama di Bandung. Dalam satu kaos pria pengagum Nabi Muhammad dan filsuf Nietzsche itu membaderol seharga Rp 50.000-Rp 70.000. Namun, jika pelanggan membeli sebanyak dua pcs, harga bisa ditekan menjadi Rp 100.000.


Seiring berjalannya waktu, kaos Aleitheia semakin dikenal luas terutama di kalangan para komunitas sastra dan filsafat di Indonesia. Pesanan pun mulai banyak dikirim ke barbagai kota dan daerah.


“Hampir semua pelosok daerah kaos Aleitheia sudah dipasok, dari luar negeri juga seperti Cina dan Thailand sudah dipasok, hingga saat ini kami sudah keluarkan 1000 pcs kaos limited edition,” katanya.


Dalam mengembangkan usahanya, pria yang memiliki hobi menulis puisi dan berpetualang itu mengaku basis komunitas dan jaringan yang dimilikinya berperan penting pada Aleitheia.


Menurutnya, peran komunitas terutama mereka yang mencintai buku, membantu promosi dan marketing secara tidak langsung terbentuk dengan sendirinya. Farid ingin filsafat bukan lagi menjadi sesuatu yang tabu malahan dengan desain kaos yang dibuatnya ia berharap bisa diterima oleh khalayak.


Farid mengaku ada dua cita-cita luhur dalam mengembangkan bisnisnya di Aleitheia, ia berharap dengan fokus pada desain tokoh filsuf, dia berharap orang yang melihat desain itu bisa mengenal lebih jauh bahkan kalau bisa mengakses bukunya sekaligus.


Namun, bukanlah sebuah bisnis jika tidak mengalami jatuh bangun. Farid memaparkan dalam membangun bisnisnya itu, tidak sedikit halangan dan hambatan menerpa. Selain produksi yang limited edition, Aleitheia mengalami banyak pasang-surut.


“Tahun 2010 kami hampir dua bulan tidak memproduksi dengan berbagai alasan, sementara pada 2011 malah tiga bulan kami tidak produksi sama sekali,” katanya.


Belakangan, setelah melihat prospek Aleitheia yang semakin hari semakin banjir order, Farid berencana mengembangkan usahanya tidak sebatas pada tokoh filsafat semata. Dalam waktu dekat Aleitheia bakal merilis desain dari berbagai ranah.


“Namun demikian kami sedang mencoba mengembangkan desain kaos ke ranah lain, baik lokal maupun global, seperti sastra, agama, sains, leader, dan tradisi,” katanya.


Pria yang menggemari band cadas Burger Kill itu optimistis bisnis yang digarapnya bakal semakin pesat. Dia menganganggap dengan ciri yang melawan arus di bisnis clothing dengan brand lainnya Aleitheia bakal memiliki karakteristik di hati pelanggan.


Terbukti, sejak dirintisnya brand Aleitheia ke pasar, dia mengaku bangga ketika seorang mahasiswa menjadikan Aleitheia sebagai objek bahan penelitian skripsi di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


“Saya sangat bangga dengan bisnis yang sedang saya jalani, apalagi ketika seseorang datang hanya untuk membuat skripsi tentang usaha yang saya garap berjudul ‘Jual-Beli Via Facebook di Aleitheia Clothdezsvous Perspektif Muamalah’,” katanya sambil tersenyum.


 


 


 


 


 


 


 


 


Sumber berita: bisnis-jabar.com dan redaksi


Sumber gambar: bisnis-jabar.com

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Aleitheia / Anak / BERITA BISNIS / Intelek / Kaos / Khusus / Muda / Unik / Untuk dengan judul Kaos Unik Aleitheia, Kaos Khusus Untuk Anak Muda Intelek. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://berita-ku.blogspot.com/2012/12/kaos-unik-aleitheia-kaos-khusus-untuk.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Rumput Liar - Kamis, 20 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Kaos Unik Aleitheia, Kaos Khusus Untuk Anak Muda Intelek"

Posting Komentar