Postingan Populer

Hukum Psikologis Perbandingan dalam Marketing

Dalam hukum Psikologis Anda harus membandingkan antara dua pilihan yang di antaranya “buruk dan baik”. Jika diambil kesimpulan, kebanyakan orang pasti akan memilih yang baik daripada yang buruk.


Dengan itu kita bisa mencari celah agar orang dapat membeli produk yang kita tawarkan dengan Hukum yang satu ini. Oleh karena itu sebelum meminta orang untuk memilih, tanyakan dulu yang buruk lalu berikan pilihan kedua yang baik.


Contohnya:


“Apakah Anda mau mendonorkan darah Anda?” Jika Anda ditawarkan pertanyaan tersebut, maka kemungkinan besar atau sekira 80 persen Anda akan menolak dan begitu juga yang dilakukan oleh orang lain. Tapi jika Anda menerimanya, berarti Anda benar-benar baik hati.


Kalau pakai hukum perbandingan


Seperti yang dijelaskan di atas, berikan yang buruk terlebih dahulu, baru berikan pilihan yang baik. Misalnya. “Apakah Anda mau mendonorkan darah Anda setiap empat kali dalam seminggu?” Dengan pertanyaan seperti itu, orang akan modar dan langsung menolaknya.


Lalu yang harus kita lakukan adalah memberikan pertanyaan kedua yang baik. “Tapi jika untuk hari ini saja mendonorkan darahnya, apakah Anda mau?” Nah, dari sini kemungkinan orang yang tadinya tidak mau sekira 80 persen maka dengan memakai hukum Perbandingan, kemungkinan tidak berhasilnya berkurang menjadi 50 persen. Namun ingat yang baik dan buruk itu adalah relatif setiap orang. Anda bisa ajukan pertanyaan dulu baru tawarkan yang baik atau hal ringannya.


Hukum bisa dibilang akan menjadi daya tarik tersendiri dalam pemasaran Anda karena ketika ada kata “Karena” Orang cenderung curiga dan ingin mengetahui alasannya. Tapi dengan Anda memberikan alasan yang tepat, maka orang akan percaya dengan Anda


Contoh Pertama:


“Promo diskon hingga 50%, Dalam Rangka HUT RI”. Ini berarti ada promo diskon sebesar 50 persen, karena Indonesia ulang tahun.


Contoh Kedua:


Seringkali Anda tidak tahu berapa bayaran Anda untuk melakukan pekerjaan tertentu. Dalam menentukan hal ini, Anda dapat memakai hukum karena. Misalnya “Karena ini pertama, saya kasih dengan harga pertemanan/perkenalan maka disesuaikan dengan budget Anda”. Hukum karena ini berpengaruh dalam promosi Anda.


 


 


 


 


Sumber : okezone.com


Sumber gambar : sembilanstudio.com

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dalam / Hukum / marketing / Perbandingan / Psikologis dengan judul Hukum Psikologis Perbandingan dalam Marketing. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://berita-ku.blogspot.com/2012/12/hukum-psikologis-perbandingan-dalam.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Rumput Liar - Kamis, 20 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Hukum Psikologis Perbandingan dalam Marketing"

Posting Komentar